Jumat, 05 Juni 2009

belajar itu mudah...

Mudahnya Belajar Bahasa Arab

Bahasa adalah alat komunikasi diantara manusia dalam menyampaikan maksudnya ( Imam Asy Syibahaweih, hal: 8). suatu kaum akan menyampaikan maksud atau tujuan mereka kepada kaum yang lain dengan melalui bahasa. Maka dilihat dari kedudukannya, bahasa adalah sesuatu yang harus dipelajari dan dipraktekan dalam berinteraksi dengan orang lain.

Mempelajari bahasa asing akan lebih sulit difahami daripada bahasa Ibu ( Bahasa Sendiri ) karena selain kosa kata yang jarang digunakan, struktur kata dan kalimatpun memerlukan waktu khusus untuk dipelajari. Oleh sebab itu, pengajaran Bahasa Asing dalam lembaga formal dan informal memerlukan metode pengajaran yang tepat sesuai dengan tujuan umum pengajaran bahasa itu sendiri.

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa Asing ( Luar bahasa pribumi ) yang penyebarannya sudah banyak ditemukan di beberapa daerah dan negara. Proses penyebaran bahasa Arab diberbagai Negara adalah pengaruh dari perkembangan Agama Islam yang mana sumber ajaran Agama Islam ( al Quran dan As Sunah ) menggunakan bahasa Arab.

Dalam mempelajari bahasa Arab mungkin kita akan menemukan beberapa kesulitan, seperti banyak arti yang belum kita ketahui, belum mengerti bagaimana sruktur bahasanya dan masih banyak lagi kesulitan lainnya. Yang mungkin dialami oleh setiap orang yang belajar bahasa Arab. Tetapi semua itu dapat kita atasi, dan membuat proses pembelajaran dari sulit menjadi sangat mudah. Adapun beberapa langkahnya adalah :

1. Mempersiapkan kamus sebelum memulai pelajaran

Mengapa kita harus mempersiapkan kamus? Karena dalam proses pembelajaran kita akan menemukan banyak sekali kosa kata yang belum kita ketahui, dan kita bisa langsung membuka kamus yang sudah kita persiapkan. Dengan demikian kita juga akan terlatih untuk mengingat beberapa kosa kata yang baru.

2. Melakukan pengulangan setelah pembelajaran

Setelah menerima materi, sebaiknya melakukan pengulangan untuk memantapkan dan mengigatkan kembali apa yang telah kita pelajari.

3. Menghafal dan Menggunakan kosa kata baru dalam percakapan.

Dengan melakukan kiat-kiat di atas, maka belajar bahasa Arab yang dikatakan oleh banyak adalah sesuatu yang susah. Maka sekarang akan menjadi suatu hal yang mengasyikkan.

Sumber : wikipedia indonesia(dengan pengubahan)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar